Minggu, 06 Oktober 2013

Conversation

Sering terjadi kekeliruan bagi kita dalam menceritakan keadaan kita kepada orang lain. Biasanya hal ini tidak dihiraukan bagi sebagian orang. Namun, ada baiknya jika kita mempelajari mana yang baik dan benar kita ucapkan ketika kita memperkenalkan diri kita kepada orang lain. Di bawah ini akan saya jelaskan beberapa informasi mengenai speaking english. Semoga bermanfaat.


  1. Kata in, on dan at dalam menjelaskan tempat tinggal.
Ketika kita ingin menjelaskan kepada orang lain mengenai tempat tinggal kita, biasanya kita menggunakan salah satu kata depan di atas. Namun, tahukah anda bahwa masing-masing kata depan tersebut memiliki pasangan tersendiri?.

  • Kita bisa menggunakan ”in” jika tempat tinggal yang ingin kita beri tahukan berupa sebuah tempat. Contohnya : i live in Indonesia, i live in Bali, i live in Bogor,dll.
  • Kita bisa menggunakan “on” jika tempat tinggal yang ingin kita beri tahukan berupa alamat. Contohnya : i live on jalan Urip, i live on jalan Pekalongan (kita tidak perlu menggunakan kata “street” krena dalam bahasa inggris tidak mengenal istilah “Urip street” atau “Pekalongan street”)
  • Kita bisa menggunakan “at” jika tempat tinggal yang ingin kita beri tahukan berupa bangunan. Contohnya : i live at apartment.
     2.   Kata in,on dan at dalam menunjukkan waktu.
  • Kita bisa menggunakan “in” jika waktu yg ingin kita jelaskan berupa abad atau tahun. Contohnya : this market was build in 1995.
  • Kita bisa menggunakan “on” jika waktu yang ingin kita jelaskan berupa bulan, tanggal ataupun hari. Contohnya : i was born on 2nd july 1995, we will meeting on Saturday.
  • Kita bisa menggunakan “at” jika waktu yang ingin kita jelaskan berupa jam. Contohnya : i will come back at 12:00.
     3.      Jika kita ingin menjelaskan dimana kita menempuh pendidikan sebelumnya kita bisa menggunakan "i studied at.....” yang artinya “saya dulu bersekolah di....”. Contohnya : i studied at SMAN 1 LILIRIAJA. 

     4.    Perbedaan ucapan kosakata.
                  Seringkali kita menemukan satu kata dalam bahasa inggris yang memiliki lebih dari 1 arti.

  • MajorKata major jika kita baca “meijer” maka itu berarti jurusan untuk pendidikan. Namun, jika kita baca “meyer” itu berarti wali kota.
  • ScoutKata scout jika menggunakan huruf s kapital (S) maka itu berarti Pramuka. Namun, jika menggunakan huruf s kecil (s) maka itu berarti pengintai.
  • BillJika kata bill menggunakan huruf b kapital (B) maka itu mengartikan nama seseorang. Namun, jika menggunakan huruf b kecil (b) maka itu berarti tagihan.
      5.   Perbedaan arti kosakata.
                  Seringkali kita menemukan kata dalam bahasa Indonesia yang arti dalam bahasa inggrisnya lebih dari 1. Contoh :

  • Learn dan study memiliki arti yang sama-sama belajar. Namun, learn digunakan untuk mempelajari sesuatu kecakapan atau pengetahuan. Contohnya : i learn more speak english. Sedangkan study digunakan untuk belajar seperti yang dilaksanakan di sekolah. Contohnya : i study english now.
  • Home dan house memiliki arti yang sama-sama rumah. Namun, home digunakan untuk menjelaskan tempat dimana kita merasa nyaman meskipun itu bukanlah sebuah rumah. Contohnya : my bedroom is my home. Sedangkan house digunakan untuk menjelaskan rumah jika dilihat dari fisiknya. Contohnya : i will go to my friend’s house.
     6.    Arti dari have/has
                   Have/has memiliki 6 arti dan akan dijelaskan dibawah ini :

  • Have/has yang berarti punyaKata have/has jika ditambahkan “noun” maka akan berarti “punya”. Contohnya : she has a new  bag.
  • Have/has yang berarti harus. Kata have/has jika ditambahkan “to” maka berarti “harus”. Contohnya : i have to finish my homework.
  • Have/has yang berarti telahKata have/has jika ditambahkan “V3” maka berarti telah. Contohnya : i have washed my uniform.
  • Have/has yang berarti menyuruhKata have/has jika ditambahkan “pronoun” maka berarti “menyuruh”. Contohnya : i have them to clean our toilet.
  • Have/has yang berarti makanKata have/has jika ditambahkan “breakfast,lunch,dinner” maka berarti makan. Contohnya : i have breakfast.
  • Have/has yang berarti mengizinkanHave/has jika ditambhakan “object” maka berarti mengizinkan. Contohnya : i have my brother to go to the party.
munirah-amran.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar